Jumat, 04 November 2011

TIDUR CEPAT SETELAH BELAJAR MAMPU MENINGKATKAN DAYA INGAT

Momen ujian adalah momen yang sangat dirasa oleh seseorang orang gugup dan nervous meskipun seseorang itu telah menghabiskan waktunya untuk belajar lebih ekstra . Setiap orang pasti ingin mendapatkan nilai terbaik dari hasil ujiannya, tak terkecuali saya sendiri . Cara paling tepat dan efektif untuk mengingat sesuatu adalah dengan  menyegerakan diri tidur setelah belajar. Mungkin selama ini banyak orang berpikir dengan waktu belajar yang lama maka akan lebih mudah menghafal atau mengingat-ingat apa yang telah dipelajari. Padahal lamanya waktu belajar ketika menjelang ujian bukanlah jaminan seseorang mendapatkan nilai terbaik. Sedangkan orang paling mudah mengingat dan menghafal pasangan kata kata saat menjelang tidur tidur dan setelah  bangun tidur.
………
Salah satu pengajar di sebuah Sekolah Internasional telah membuktikan hal tersebut, yaitu dengan membuat dua daftar masing masing berisi 20 pasangan kata secara acak tanpa hubungan semantik antar kata. Kemudian 48 pria dan wanita diminta untuk menghafal kata kata tersebut.
………..
Langkah selanjutnya para peserta diacak dan dibagi menjadi 4 kelompok. Kelompok pertama menghafal kata-kata pada malam hari dan diadakan tes pada pagi hari berikutnya. Sedangkan kelompok berikutnya menghafal kata kata pada pagi hari dan di tes pada malam hari. Kelompok lainnya menghafal pada malam hari dan disela dengan tugas lain sebelum di tes pada pagi hari berikutnya. Sedangkan kelompok terakhir diberikan hafalan pagi hari dan akan diberikan tugas memori lain sebelum terakhir di tes pada malam hari.
………..
Dari uji coba tersebut kelompok yang langsung tidur setelah menghafal tanpa dipengaruhi tugas lain menunjukkan hasil terbaik yaitu dengan 94% keberhasilan mengingat pasangan kata. Peserta yang menghafal di pagi hari dan tidak diberi kesempatan tidur,  walaupun tanpa gangguan apapun hanya memperoleh nilai rata rata 82%.
……….
Terdapat perbedaan yang sangat besar pada kelompok yang melakukan tugas dengan sela tugas lain sebelum diberikan tes. Anak-anak yang diberi tugas lain tetapi tidak diberi kesempatan menghafal lalu diberi tugas lain tetapi tidak diberikan kesempatan tidur hanya memperoleh nilai 32% saja. Sementara anak anak yang diberi tugas menghafal lalu diberi tugas lain sebelum tidur dan melakukan tes, mereka memperoleh nilai 76%.
……….
Dari uji coba tersebut akhirnya dapat ditarik satu kesimpulan  bahwa tidur sangat berperan aktif dalam menggabungkan memori “proses neurobiologis  terjadi secara dinamis, tidak pasif” Uji coba tersebut terinspirasi dari apa yang disampaikan oleh Dr. Jeffrey Ellenbogen, seorang peneliti dari Amerika Serikat. Proses memori tidak akan berhenti saat seseorang berhenti belajar, tapi akan terus menerus berlanjut selama seseorang itu tidur.
…………
Tulisan ini terinspirasi dari sahabat saya yang sampai saat ini masih ber profesi sebagai guru di sebuah sekolah Internasional di Jakarta. Nasib dan keberuntungan setiap orang berbeda. Dulu pernah trial bareng, tapi dia diterima dan daku harus pulang dengan membawa rasa kecewa… Bagi sahabat disini yang ingin mencoba.. silahkan mencoba… semoga berhasil. 

BY: WILDHA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar